Senin, 07 November 2016

aktivitas sehari-hari



KEGIATAN SEHARI-HARI
Saya akan menceritakan tentang kegiatan sehari-hari saya dalam menjalani aktivitas saya sebagai mahasiswi dan juga santri. Setiap hari saya bangun tidur pukul 03.30 untuk sholat tahajud di masjid dan juga sholat shubuh berjamaah. Saya menyempatkan waktu untuk menunggu iqomah dengan membaca lantunan ayat suci al-Qur'an. Setelah sholat selesai, saya mengikuti kegiatan wajib di asrama disitulah sedikit demi sedikit ilmu yang saya dapat dan juga pembelajaran, wawasan dan juga pengetahuan mulai terbentuk dalam diri saya. Setelah kegiatan itu selesai kegiatan selanjutnya yakni sholat dhuha berjama'ah. Sebelum sholat dhuha berjamaah dimulai saya menghabiskan waktu untuk membaca al-Qur'an karena jarak waktu untuk menunggu sholat dhuha tersebut cukup lama. Tepat pukul 06.00 kegiatan sholat sunnah dhuha berjamaah tersebut dimulai satu demi satu rokaat sholat tersebut dilakukan tiada tujuan lain hanya untuk mendekatkan diri kepada sang Ilahi.
Setelah selesai, saya melanjutkan untuk sarapan pagi bersama teman-teman saya karena kenikmatan akan terasa indah jika dinikmati bersama. Kemudian saya bersantai dan juga bercanda gurau dengan teman-teman saya. Sekitar pukul 07.00 saya segera mandi untuk bersiap-siap melakukan aktivitas selanjutnya. Setelah semua selesai tepat pukul 07.45 saya pergi untuk mengaji bersama teman saya. Setelah selesai mengaji sekitar pukul 08.15 saya bersiap-siap untuk berangkat ke kampus dengan melewati sebuah tanaman hijau dan juga pandangan yang sangat indah. Tetapi hanya hari senin selasa dan juga rabu jam perkuliahan tersebut dilakukan. 08.30 tepat menunjukkan masuknya jam perkuliahan dimulai tetapi terkadang dosen pengampu tidak berkunjung datang dan pada akhirnya kami pun menunggunya.
Waktu telah menunjukkan 11.30 saya bersama teman-teman langsung menuju ke asrama masing-masing untuk melakukan sholat dhuhur. Jarak waktu satu jam untuk beristirahat dan kembali lagi ke kampus tepat pukul 12.30. Perkuliahan tersebut dimulai sampai pukul 14.30 setelah selesai saya langsung kembali menuju asrama untuk beristirahat sejenak dan juga menunggu adzan ashar dikumandangkan. Setelah adzan selesai saya menuju ke kamar mandi untuk mengambil wudlu dan juga pergi ke masjid untuk sholat ashar berjamaah. Saya menyempatkan menunggu iqomah di masjid dengan membaca al-Qur’an dan juga berdzikir. Setelah selesai kegiatan selanjutnya yakni pengajian tafsir bersama guru yang sangat saya hormati. Disitu kami di bimbing menjadi orang yang berilmu dan juga orang yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa. Setelah selesai pengajian selanjutnya yakni ta’lim muta’alim disitu kami belajar bagaimana menjadi seorang santri untuk mencari ilmu yang lebih baik dan juga mendalam dan kami pun juga harus mematuhi apa yang disampaikan oleh guru.
Sekitar pukul 16.45 saya melanjutkan kegiatan selanjutnya yakni makan sore bersama, setelah selesai makan saya pergi ke kamar mandi unuk mengambil wudlu dan juga berangkat ke masjid untuk melakukan sholat maghrib berjama’ah. Seperti biasa saya membaca al-Qur’an untuk menunggu iqomah setelah selesai kegiatan selanjutnya yakni Madrasatul Qur’an yang dilaksanakan di sebuah gedung sekolah tepat pukul 18.15 sampai 19.15. Disana kami belajar bagaimana cara yang benar dalam membaca al-Qur’an. Setelah selesai kegiatan selanjutnya adalah Madrasah Diniyah yang dimulai pada pukul 19.30 yang bertempat di gedung Universitas Yudharta Pasuruan. Disana saya belajar untuk mendalami ilmu agama dan juga bagaimana membaca Kitab. Biasanya saya bersemangat tetapi terkadang saya terlelah karena aktivitas kuliah dari pagi sampai siang yang mengakibatkan tidak bisa tidur siang hari dan pada akhirnya saya tertidur di kelas tetapi saya tetap berusaha untuk melawan hawa nafsu tersebut. Kemudian pukul 21.15 kegiatan itu selesai saya dan teman-teman pulang dengan membawa ilmu apa yang disampaikan oleh guru saya. Sesampai dikamar saya langsung ke kamar mandi untuk mengambil wudlu’ dan setelah itu saya biasanya membaca ayat suci al-Qur’an yakni As-Sajdah, Al-mulk dan juga Al-waqi’ah. Kemudian saya mengambil peralatan tidur dan juga terlelap tidur setelah menghabiskan kelelahan dan juga kesibukan aktivitas sehari-hari saya.


DAILY ACTIVITIES
I'll tell you about my daily activities in carrying out my activities as a student and also students. Every day I wake up at 03.30 for tahajud prayer in the mosque and Fajr prayers in congregation. I took the time to wait iqomah by reading chant verses of the holy Koran. After the prayer was over, I follow the mandatory activities in the hostel's where little by little knowledge I can and also learning, insight and knowledge begins to form within me. After the activity is complete the next activity that Duha prayer in congregation. Duha prayer in congregation started before I spent time reading the Koran because the distance of time to wait for the Duha prayer long enough. Exactly 06.00 Duha activities sunnah prayers in congregation started one after the prayer rokaat do no other purpose just to get closer to the divine.
Once finished, I went to breakfast with my friends because of the pleasure would be wonderful if enjoyed together. Then I relax and also joked joked with my friends. Around 07.00 I take a bath to get ready to take further action. After all finished promptly at 7:45 I went to my friend's Koran together. After completion of the Koran around 08:15 I was getting ready to leave for college by passing a green plants and is also a very scenic view. But only Monday Tuesday and Wednesday lecture hours are done. 08:30 right shows the entry of lecture hours starts but sometimes lecturers not been coming and in the end we were waiting for him.
Time has shown 11.30 I with my friends went straight to the hostel each to perform dhuhur. A distance of an hour to rest and return to campus promptly at 12:30. The lectures begin until 1430 after I finish straight back to the hostel to take a break and wait for the call to prayer echoed Asr. After the call to prayer was finished I headed to the bathroom to take wudlu and also went to the mosque for Asr prayer in congregation. I took time to wait iqomah in the mosque with the reading of the Qur'an and dhikr. After completion of the recitation interpretation further activities with the teacher who I respect. There, we were guided into the knowledgeable people, and also those that are beneficial for the country. After completion of the subsequent recitals ta'lim muta'alim there we learned how to be a science students to look for better and also depth and we also must comply with what is presented by the teacher.
Around 16.45 I proceed further activities the evening meal together, after dinner I went to the bathroom transform and take wudlu and also went to the mosque to perform maghrib prayers in congregation. As always I read the Koran to wait iqomah after the completion of the subsequent activities Madrasatul Qur'an conducted in a proper school building at 18:15 until 19:15. There we learn how the correct way to read the Koran. Once completed next activity is Madrasah Diniyah which started at 19.30 was held at the University of Yudharta Pasuruan. There I learned to explore the science of religion and also how to read the book. Usually I'm excited but sometimes I am exhausted because college activity from morning until noon that resulted could not sleep during the day and in the end I fell asleep in class but I still try to fight these lust. Then at 21:15 it was finished my activities and friends return to bring the science of what is conveyed by my teacher. Arriving in my room straight to the bathroom to take wudlu 'and after that I usually read verses of the Koran that is As-Sajdah, Al-mulk and also Al-Waqi'ah. Then I took a sleeping equipment and also in falling asleep after spending fatigue and also the bustle of my everyday activities.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar